Transaksi Aman, Mudah dan Hemat dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

GPN-Faspay.jpg

Sudahkah Anda mendengar tentang inovasi baru dari Bank Indonesia yaitu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)? Mungkin sudah. Tapi apakah Anda sudah mencari tahu lebih dalam tentang apa itu GPN dan apa manfaat serta kelebihannya? Mungkin artikel ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan sedikit rasa penasaran Anda tentang GPN.

Secara singkat, GPN adalah sebuah sistem yang menyatukan instrumen dan kanal pembayaran secara nasional. GPN diterbitkan dalam kartu debit dengan logo burung garuda berwarna merah. Sebenarnya rencana kemunculan sistem GPN ini telah digodok selama 20 tahun oleh pemerintah dan pada tahun 2017 lalu, GPN resmi diperkenalkan kepada masyarakat dengan menargetkan 13,3 juta kartu GPN sudah terdistribusi di akhir tahun ini.

Lantas mengapa sistem GPN ini akan menguntungkan untuk nasabah?

1. Kemudahan bertransaksi non-tunai dengan sistem interoperability dan interconnectivity

Untuk Anda yang sering belanja di pusat perbelanjaan, pasti tidak asing lagi untuk melihat banyaknya mesin EDC yang ada di meja kasir. Hal ini disebabkan oleh perbedaan sistem setiap bank dalam menerima transaksi non tunai sehingga nasabah tidak dapat bertransaksi dengan mesin EDC dari bank lain. GPN hadir sebagai solusi masalah ini dengan sistem interoperability yang memungkinkan setiap nasabah yang memiliki kartu GPN dari bank manapun dapat bertransasksi di EDC yang memiliki logo GPN.

2. Rendahnya tingkat MDR dalam setiap transaksi

Tidak banyak masyarakat yang menyadari bahwa transaksinon tunai yang Anda lakukan ternyata dikenakan biaya(charge) yang disebut dengan Merchant Discount Rate (MDR). Ternyata, biaya yang dikenakan card processor seperti Visa dan Master bisa mencapai angka hingga 3% di setiap transaksinya. Melihat tingginya biaya ini, GPN memang dihadirkan oleh pemerintah untuk memangkas biaya MDR menjadi hanya 1% saja untuk menurunkan beban bagi merchant/pemilik bisnis.

3. Keamanan data nasabah karena seluruh sistem dibangun didalam negeri

Melalui keberadaan GPN, masyarakat kini dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena sistem GPN dibangun di dalam negeri. Mengapa hal ini menjadi penting? Karena seluruh catatan transaksi masyarakat tidak lagi akan “terlempar” ke luar negeri. Selain itu, sistem GPN juga dipercaya akan membantu menurunkan risiko penipuan ataupun pencurian di rekening Anda.

GPN sebentar lagi juga akan segera siap digunakan untuk transaksi online. Layanan ini akan segera diimplementasikan di berbagi website eCommerce, bank serta payment gateway partners untuk mendukung pertumbuhan jumlah transaksi online serta pemerataan inklusi keuangan di Indonesia. Faspay sebagai The Leading Payment Gateway di Indonesia juga ikut mengambil bagian sejalan dengan komitmen Faspay dalam memberikan layanan pembayaran online yang aman, mudah dan hemat bagi pelaku bisnis di Indonesia.

Jadi, untuk Anda yang sudah ingin merasakan manfaat dari kartu GPN, tentunya ini saat yang tepat untuk menukarkan kartu debit Anda yang lama dengan kartu berlogo GPN. Selain banyakanya keuntungan yang dapat Anda dapatkan, tentunya Anda juga dapat mendukung program pemerintah untuk mewujudkan cashless society di tahun 2019 mendatang.

faspay-media-visit-ke-majalah-marketing_190107_072016.jpg

​Media Visit Faspay ke Majalah Marketing

Faspay-at-Rumah-Kreatif-Jogja.jpg

Faspay Goes To Jogja: Edukasi Ekonomi Digital

Final-Annual-Audit-PCI-DSS-Faspay-April-2018.jpg

Final Audit PCI DSS FASPAY