New Year Financial Planning

financial-plan.jpg

New Year, New Dreams & New Resolutions. Mungkin kata-kata ini telah memenuhi timeline media sosial kita di awal tahun ini. Salah satu resolusi yang harus direncanakan dan dilakukan dengan sungguh-sungguh adalah tentunya mengenai perencanaan keuangan. Selain mengubah cara pengaturan keuangan yang mungkin belum dijalankan dengan baik di tahun sebelumnya, tentunya penting membuat financial planning atau perencanaan keuangan untuk mencapai goal kita di tahun baru ini.

Berikut beberapa tips perencanaan keuangan yang bisa Anda terapkan di tahun ini:

1. Belum terlambat untuk mulai menabung sekarang!

It is better late than never. Kalau di tahun sebelumnya Anda belum berkomitmen untuk menyisihkan penghasilan Anda untuk ditabung, belum terlambat untuk merubah gaya hidup Anda kok. Mulai sisihkan 30% dari total penghasilan Anda sebagai tabungan dana darurat atau tabungan masa depan. Hindari cara pengelolaan penghasilan yang salah seperti menghabiskan seluruh penghasilan Anda tanpa adanya tabungan dari bulan ke bulan.

2. Lunasi hutang tahun sebelumnya

Saat Anda memulai tahun baru, jangan lupa untuk melunasi utang di tahun sebelumnya untuk menghindari beban pengeluaran Anda di tahun baru ini yang dapat dilakukan dengan cara melunasi hutang terbesar hingga terkecil.

3. Mulai belajar untuk berinvestasi

Selain menabung, Anda juga mulai dapat mencari penghasilan tambahan seperti penghasilan pasif melalui investasi. Selain reksa dana ataupun saham, kini Anda juga dapat menginvestasikan dana Anda di berbagai perusahaan fintech P2P Lending dengan menjadi “Lender”. Jenis investasi ini kini telah mulai dilirik banyak karena nilai bunga yang cukup menguntungkan dalam waktu investasi yang cenderung singkat.

4. Sisihkan penghasilan untuk proteksi diri

Selain investasi untuk dana darurat, Anda juga perlu memperhatikan investasi dalam hal kesehatan. Biaya pengobatan yang semakin mahal dari waktu ke waktu membuat produk asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa menjadi hal yang krusial untuk dimiliki.

5. Buat perencanaan atau goal yang ingin dicapai dalam jangka pendek maupun per 5 tahunan

Set your goal! Untuk generasi millennial, mungkin Anda belum terlalu fokus untuk berinvestasi ataupun menabung ketika Anda baru memulai karir Anda. Namun, apabila Anda membuat perencanaan tentang hal-hal yang ingin Anda capai atau miliki dalam kurun 5 tahun atau bahkan lebih, hal ini dapat menjadi pemacu Anda untuk menyisihkan penghasilan Anda agar kelak dikemudian hari aset-aset tersebut juga dapat menjadi cerminan bahwa Anda telah mengelola penghasilan Anda dengan bijak.

ramadhan-1-yellow.jpg

Tips Persiapan Memasuki Bulan Ramadhan 2018

pexels-photo-919436.jpg

3 Faktor Payment Online yang Akan Mempengaruhi Cara Bayar Anda Tahun 2018

email_phone.jpg

Bagaimana Menulis Abandoned Cart Email Marketing yang Menarik?