5 Alasan Penting E-commerce Menyediakan Opsi Pembayaran yang Lengkap

5 Alasan Penting E-commerce Menyediakan Opsi Pembayaran yang Lengkap

Semakin banyaknya e-commerce yang muncul tidak serta merta meningkatkan kesadaran pentingnya menyediakan opsi pembayaran yang lengkap. Hingga saat ini, mayoritas marketplace masih menawarkan metode pembayaran yang cenderung terbatas. Lalu, apa saja alasan penting bagi vendor toko online untuk menghadirkan beragam variasi cara pembayaran transaksi online?

Alasan Marketplace Wajib Menyediakan Pilihan Pembayaran Lengkap

E-commerce perlu menghadirkan beragam opsi pembayaran yang lengkap sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang preferensi cara pembayarannya pun berbeda-beda.  Hal tersebut sekaligus menjadi salah satu alasan mengapa penting bagi marketplace untuk menyediakan opsi pembayaran transaksi yang beragam. Apa saja alasan lainnya?

Memudahkan Konsumen

Faktor yang paling utama sehingga penting bagi e-Commerce untuk menyediakan metode pembayaran selengkap mungkin adalah kemudahan untuk konsumen. Semakin bervariasinya opsi pembayaran yang lengkap, maka pembeli pun memiliki lebih banyak pilihan mana yang paling mudah bagi mereka. Kemudahan ini turut menjadi faktor penentu loyalitas konsumen.

Meningkatkan Jangkauan Konsumen

Ketika pilihan pembayaran yang tersedia semakin banyak, maka otomatis jangkauan pasar untuk e-Commerce tersebut turut meningkat. Bagaimana bisa? Sebab, masyarakat cenderung memilih toko online dengan pilihan pembayaran transaksi yang lebih lengkap. Tentunya hal ini merupakan target setiap marketplace, bukan? Terutama mengingat persaingan yang semakin ketat.

Mempercepat Proses Transaksi dan Meningkatkan Performa

Kecepatan dalam penyelesaian proses transaksi online merupakan tolak ukur utama dari performa sebuah marketplace. Di mana salah satu penyebab dari kelambatan proses transaksi adalah kurang lengkapnya metode pembayaran yang tersedia dan membuat konsumen merasa tidak puas. Dampaknya, performa e-Commerce tersebut pun menjadi kurang bagus di mata konsumen.

Proses Refund Lebih Gampang

Tersedianya opsi pembayaran yang lengkap otomatis membuat proses refund atau pengembalian dana juga lebih mudah. Pengembalian dana biasa dilakukan apabila misalnya stok barang kosong padahal pembayaran terlanjur dilakukan. Refund disesuaikan dengan cara pembayaran yang dipilih sebelumnya, di mana selama ini masih terbatas akibat kurang lengkapnya metode payment di e-commerce.

Mengelola Arus Kas Bisnis Anda dengan Lebih Efektif

Dengan menghadirkan metode pembayaran yang beragam kepada konsumen, konsumen tidak akan lagi kesulitan memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Konsumen akan semakin cepat melakukan pembayaran maka akan semakin cepat pula pendapatan masuk ke rekening bisnis Anda. Dengan begitu, akan semakin lancar pula arus kas bisnis dan perkembangan bisnis bisa semakin ditingkatkan.

Salah satu solusi bagi e-commerce atau toko online yang ingin menyediakan pilihan pembayaran yang lengkap ialah dengan memanfaatkan solusi dari payment gateway. Faspay ialah payment gateway yang telah didukung dengan sistem pengamanan transaksi finansial daring berstandar internasional sehingga memiliki jaminan keamanan. Selain itu, Faspay juga menjalin kerja sama dengan beragam partner strategis yang menawarkan kemudahan transaksi non tunai. Sehingga, bermitra dengan Faspay akan membuat marketplace dapat menyediakan opsi pembayaran yang lengkap dan lebih mudah.

Related Articles

3 Jenis Fintech yang Marak di Indonesia

jenis_fintech_marak.jpg

Tips Efektif Mengembangkan E-commerce dari Pakar E-commerce Dunia

Tips Efektif Mengembangkan E-commerce dari Pakar E-commerce Dunia

Maybank2u Hadir Sebagai Payment Channel Terbaru di Faspay!

Maybank2u Hadir Sebagai Payment Channel Terbaru di Faspay