Teknik Mudah Copywriting Kreatif dan Efektif

square copywriting

Copywriting ialah sebuah teknik untuk menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon sesuai tujuan yang diinginkan dari tulisan Anda.

Dalam bisnis offline maupun offline, copywriting ini penting mengingat semakin banyak platform yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menciptakan konten atau iklan dalam memasarkan produk atau layanan perusahaan.

Pemilihan kata-kata yang kreatif dan efektif menjadi salah satu magnet yang dapat menarik audiens Anda melakukan respons yang Anda inginkan seperti membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan-tujuan lainnya yang Anda inginkan dari tulisan Anda. Berikut ialah beberapa teknik mudah dalam copywriting yang kreatif dan efektif:

1. Menulis headline yang mampu menjadi magnet

Karakteristik pembaca, baik itu media online maupun offline, pasti akan membaca headlinenya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, headline harus dapat menarik perhatian pembaca. Pastikan headline tidak terlalu berlebihan dan rumit. Buatlah headline yang unik dan bersahabat sehingga mampu memancing pembaca untuk mengunjungi maupun membaca tulisan yang dibuat.

2. Konten yang dapat memberikan nilai lebih kepada pembaca

Sebaiknya buatlah konten bermanfaat yang juga berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda pasarkan. Dengan memberikan konten yang bermanfaat maka akan membuat pembaca kembali ke produk Anda. Seperti misalnya, Anda menjual produk sayur-sayuran organik, Anda bisa membagikan cara mengolah sayur-sayuran organik tersebut serta manfaat mengkonsumsi sayur-sayuran tersebut.Tujuan dari konten bermanfaat ini ialah membangun hubungan dan kepercayaan antara brand dan pembaca sehingga pada akhirnya bisa menciptakan konversi.

3.Bawa karakter brand ke dalam tulisan

Pembeli akan peduli dengan kebutuhan mereka. Untuk itu, pembuat konten harus membuat mereka senyaman mungkin. Anda perlu memahami hal-hal yang berhubungan dengan target pasar Anda dan mengetahui kebutuhan mereka. Lalu Anda membuat konten yang terkait dengan kebutuhan mereka tersebut.

4. Gaya bahasa yang sesuai target pasar

Salah satu cara yang efektif untuk copywriting ialah menggunakan bahasa yang target pasar Anda gunakan agar mudah untuk dimengerti. Yang penting untuk dikenali terlebih dahulu adalah produk dan target market. Cobalah untuk menggunakan tata bahasa yang fleksibel dan tidak kaku. Selain itu, Anda juga perlu menerapkan prinsip bahwa karakter yang ditulis dan dipaparkan merupakan gambaran produk atau jasa yang Anda jual.

5. Tulisan yang mengarah pada pembaca yang tepat

Penulis atau pemasar perlu membuat konten yang sesuai dengan produk yang dipasarkan. Misalnya, jika perusahaan Anda bergelut di bidang kecantikan, Anda dapat membuat konten tentang review alat kecantikan yang ampuh untuk menghaluskan kulit. Antara konten dan produk harus memiliki keterkaitan yang saling bersinergi dan menghasilkan tindakan, khususnya meningkatkan konversi.

Seorang penulis harus benar-benar bisa membungkus penjualan menjadi manfaat yang dapat ditawarkan ke target pasar mereka. Dengan diulasnya teknik-teknik mudah ini, diharapkan Anda dapat semakin membuat konten yang kreatif, efektif, dan menarik. Yuk langsung praktekkan teknik-teknik ini dan tingkatkan terus penjualan bisnis Anda.

 

 

 

 

 

Related Articles

New Year Financial Planning

financial-plan.jpg

Faspay Goes To Jogja: Edukasi Ekonomi Digital

Faspay-at-Rumah-Kreatif-Jogja.jpg

Bagaimana Generasi Z dalam Berbelanja?

Bagaimana-Generasi-Z-dalam-Berbelanja.jpg