Tren Belanja Online Meningkat Selama Pandemi, Apa Saja Produk yang Paling Diminati?

tren belanja online meningkat

Pandemi COVID-19 dengan aturan social distancing ini rupanya membuat perubahan pada cara dan minat belanja masyarakat. Aktivitas belanja online kini jauh lebih diminati. Dari data Bain & Company dan Facebook, kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan pembelian online selama pandemi COVID-19, dan ini akan terus mengalami peningkatan meski pandemi COVID-19 mulai berakhir. Sistem belanja online dan juga pembayaran online dinilai lebih praktis daripada proses offline. Aktivitas belanja online bertumbuh besar, hingga tiga kali lipat. 

Sedangkan dari data iPrice.co.id, didapatkan rangkuman tentang kebiasaan belanja dan pembayaran online masyarakat Indonesia periode Februari dan Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belanja online masyarakat Indonesia terhadap sejumlah produk selama masa pandemi COVID-19. Berikut data produk paling diminati selama aktivitas belanja online menurut iPrice.co.id

1. Produk Kesehatan

Produk kesehatan mengalami peningkatan yang drastis selama pandemi Covid-19 ini. Pembelian hand sanitizer sebagai salah satu produk preventif penyebaran virus COVID-19 memiliki minat beli yang tinggi, mencapai  5.585%. Produk kedua selanjutnya adalah vitamin C dengan peningkatan minat hingga 1.986%.

Selain hand sanitizer dan vitamin C, produk termometer yang berfungsi untuk mengukur suhu tubuh juga banyak diminati. Ada peningkatan daya beli termometer biasa sebesar 1.007% dan termometer Lotus sebesar 167%.

2. Produk Mendukung WFH (Work From Home)

Pergantian tren bekerja menjadi WFH waktu lalu juga mempengaruhi minat belanja online masyarakat. Tingginya jadwal meeting dan video conference secara online menyebabkan peningkatan minat belanja webcam mencapai 1.572%. Selain webcam, pembelian ATK atau alat tulis juga mengalami peningkatan. 

3. Produk Makanan dan Minuman

Tren pembelian makanan dan minuman secara online juga mengalami peningkatan. Jenis bahan makanan yang paling banyak dibeli adalah mie instan, peningkatannya sebesar 159%. Selain mie instan, produk minuman lokal juga mengalami peningkatan. 

4. Jenis Produk Hobi Indoor atau Outdoor

Pandemi juga berdampak pada munculnya hobi baru di kalangan masyarakat, salah satunya hobi bersepeda. Ini menyebabkan minat belanja sepeda naik hingga 1.036%. Selain alat olahraga, game jenis Nintendo dan PlayStation mengalami peningkatan yang signifikan. 

Dari data di atas, bisa disimpulkan jika tren belanja online ini akan terus mengalami peningkatan di tengah pandemi COVID-19. Meningkatnya intensitas dan minat belanja online masyarakat ini menjadi momentum bagi para pelaku bisnis untuk berjualan secara online. Nah, supaya transaksi bisnis online Anda berjalan lancar dan semakin berkembang, gunakan Faspay sebagai payment gateway bisnis Anda. Ada banyak keuntungan bagi pelaku bisnis maupun pelanggan dengan adanya Faspay sebagai payment gateway.

Menyediakan berbagai metode pembayaran online akan meningkatkan potensi pembeli melakukan check-out hingga melakukan pembayaran. Dengan Faspay, Anda bisa menyediakan metode pembayaran yang beragam, mulai dari metode internet banking, mobile banking, virtual account, e-Money, ritel, kartu kredit hingga kredit online. Nantinya pembeli memiliki banyak pilihan saat akan melakukan pembayaran, bukan hanya terbatas pada satu metode saja. 

Selain itu, proses integrasi dengan Faspay mudah dan cepat. Memasang payment gateway di website atau aplikasi toko online Anda jauh lebih mudah dari yang dibayangkan. Bahkan jika Anda belum memiliki website atau aplikasi, Anda bisa menggunakan Faspay Billing Online untuk mengirim tagihan dan menerima pembayaran online dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu melakukan registrasi Faspay di sini!

Dengan Faspay, tidak ada lagi transaksi pembelian secara manual. Tentu akan melalui proses panjang, apabila pembeli harus transfer uang, kemudian melakukan konfirmasi secara manual. Anda juga harus membuat invoice secara manual. Dengan menggunakan Faspay, Anda juga bisa meningkatkan keamanan transaksi bisnis online Anda. Karena Faspay akan melakukan pemeriksaan pada semua transaksi di toko online Anda dan kemudian mencegah adanya transaksi fiktif.

Daftarkan bisnis Anda di Faspay sekarang dan segera nikmati kemudahan menerima pembayaran online dengan cepat, mudah, dan aman!

 

 

Related Articles

Faspay at Financial Technology Seminar by SWA Business Update at UNIKOM Bandung

eddy-tju-swa-business-update.jpg

3 Faktor Payment Online yang Akan Mempengaruhi Cara Bayar Anda Tahun 2018

pexels-photo-919436.jpg

Special Offer: FREE GIFT From Alfamart & Faspay

Faspay_Alfamart_GRATISMILO_Square.jpg