Alasan Anda Perlu Belajar dari Kompetitor Bisnis

WhatsApp Image 2020-09-09 at 3.25.14 PM

Apapun bentuk bisnis yang Anda jalankan, kehadiran kompetitor merupakan salah satu aspek yang tidak dapat dihindari. Baik dari sisi bisnis konvensional maupun bisnis digital, semuanya mengalami hal ini. Bahkan, dalam persaingan bisnis digital lebih ketat lagi, pasalnya semua terlihat begitu transparan di dunia digital. Dalam waktu yang bersamaan konsumen dapat membandingkan harga, kualitas produk, layanan, dan berbagai aspek lainnya. Namun, justru iklim persaingan inilah yang membuat bisnis Anda semakin berkembang. 

Dengan kondisi persaingan bisnis yang sebegitu rupa, tidak hanya produk bagus dan harga murah saja yang menjadi faktor penentu, tetapi Anda juga perlu memberikan nilai lebih bagi produk Anda, misalnya dengan mengadakan promo untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, memberikan layanan customer service yang baik, membuat website yang nyaman bagi pengguna, bahkan menyediakan layanan transaksi yang mudah dan aman bagi pelanggan Anda. 

Jadi, baik bisnis konvensional maupun bisnis digital tidak dapat dipungkiri bahwa memang akan selalu ada kehadiran kompetitor apapun bentuk bisnis yang Anda jalankan. Kehadiran kompetitor memang terlihat menyusahkan, namun justru ini yang membuat industri bisnis semakin dinamis. Mari simak hal-hal berikut mengapa Anda perlu belajar dari kompetitor bisnis.

Terpacu untuk terus berinovasi

Tanpa adanya kompetitor, bisnis Anda akan cenderung terjebak di “zona nyaman” yang berujung pada stagnasi bisnis. Dengan adanya kompetitor bisnis akan memicu Anda untuk berkembang dan memberikan suatu nilai yang berbeda dengan bisnis orang lain, baik dalam hal pengalaman pelanggan maupun teknologi.'

Dapat memahami pasar lebih dalam

Sebuah kompetisi akan memaksa Anda untuk berpikir lebih keras lagi dengan memahami konsumen Anda lebih dalam, memahami apa yang mereka inginkan dan mereka butuhkan, sehingga Anda dapat menciptakan produk/jasa terbaik untuk mereka.

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Banyaknya kompetitor yang menawarkan produk dan bahkan pelayanan yang serupa membuat Anda terpacu untuk meningkatkan kualitas lainnya, yaitu dengan meningkatkan layanan pelanggan atau customer service, yang membuat konsumen Anda merasa diperhatikan dan dinyamankan yang dapat berujung pada loyalitas pelanggan.

Membangun kredibilitas perusahaan

Dengan adanya kompetitor bisnis, secara tidak langsung membuat Anda terus terpacu membangun bisnis ke arah yang lebih baik. Dari situlah, justru pelanggan dapat melihat kredibilitas perusahaan yang berujung pada kepercayaan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara Anda mampu mengambil hati mereka.

Memperkuat Ekosistem Bisnis

Sebagai pebisnis, Anda perlu melihat kondisi bisnis secara luas. Adanya persaingan sehat dalam kompetisi bisnis, akan berdampak kepada semakin kuatnya ekosistem bisnis secara luas. Di tengah kondisi bisnis yang semakin kompleks, bisnis Anda tidak akan dapat berdiri sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak-pihak lain. Perkuat jaringan bisnis Anda sehingga mampu bertahan lebih lama, bahkan kompetitor bisnis Anda pun dapat dijadikan mitra bisnis untuk memperkuat jaringan dan usaha.

Dalam membangun sebuah bisnis, faktor yang harus dianalisis salah satunya adalah kompetitor. Dapat dipastikan semua bisnis mengalami hal ini dan jangan jadikan hal ini untuk membenci kompetitor bisnis Anda, namun justru lihat mereka sebagai faktor penunjang bisnis agar lebih baik lagi. Tetap fokus dan teruslah berkreasi. Selain itu, juga imbangi dengan membuat analisa dan strategi yang sesuai dengan bisnis Anda. 

Related Articles

​Semangat Start Up Para Mahasiswa

Faspay_Binus-Bubar.jpg

Indonesia Menuju Cashless Society

Cashless-Community-Indonesia.jpg

Cara Baru Terima Pembayaran Online dengan QR Code Payment!