Strategi Bisnis Bertahan Saat Pandemi. Dongkrak Penjualan dengan cara ini!

WhatsApp Image 2020-11-13 at 4.53.17 PM

COVID-19 masih menjadi permasalahan yang belum dapat dihindari dan mempengaruhi kehidupan banyak orang, baik dari segi kesehatan, pendidikan, termasuk juga ekonomi. Tidak dapat dipungkiri bahwa roda ekonomi pun semakin melambat, permintaan pasar mulai lesu, dan keuntungan pun menunjukkan angka yang semakin menurun. Banyak cara-cara yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mendongkrak perekonomian Indonesia. Namun, sebagai pebisnis Anda juga perlu menyiapkan berbagai strategi untuk bertahan khususnya di masa-masa seperti saat ini.

Jika bisnis Anda adalah salah satunya, mari simak strategi untuk bertahan dan menghindari angka kerugian yang semakin parah

  • Terbuka dan peduli terhadap pelanggan

Dengan adanya situasi seperti ini, keterbukaan kepada pelanggan merupakan hal yang penting. Beritahu mengenai kondisi perusahaan Anda saat ini dan komunikasikan tentang tindakan apa yang akan Anda ambil. Namun, di satu sisi Anda juga perlu peduli terhadap pelanggan. Anda dapat lebih berhati-hati dalam mempromosikan produk atau jasa Anda. Jangan sampai brand Anda terkesan seperti memanfaatkan situasi untuk membicarakan diri sendiri dan mencari keuntungan. Hal ini akan memberikan citra yang negatif terhadap bisnis Anda.

  • Sebarkan Hal-Hal Positif

Ketidakpastian membuat orang menjadi mudah khawatir dan lebih stres. Daripada fokus mempromosikan bisnis Anda, coba berikan hal-hal positif kepada pelanggan dengan mulai menceritakan kepedulian Anda terhadap masyarakat dan komunitas di sekitar dan hal-hal lainnya. Pastinya dengan penyampaian yang tepat. Coba dorong masyarakat untuk kembali membangun semangat mereka dengan kisah-kisah positif.

  • Lakukan Penjualan dan Transaksi secara Online

Memulai penjualan secara online bukanlah hal yang sulit. Justru dengan adanya teknologi, semua jauh lebih mudah dan praktis. Dengan meminimalisir kontak fisik, maka Anda juga ikut mengurangi penyebaran COVID-19. Saat ini sudah banyak aplikasi yang mendukung kebutuhan perusahaan Anda mulai dari layanan komunikasi, logistik, dsb. Selain itu, selain kemudahan tersebut, Anda juga perlu memikirkan keamanan dan kenyamanan transaksi pelanggan Anda. Saat ini sudah banyak tersedia layanan pembayaran, sehingga Anda dapat melakukan transaksi secara online salah satunya dengan Payment Gateway.

  • Tetap Konsisten

Walaupun pertumbuhan bisnis tidak Anda rasakan secara signifikan, namun bukan berarti bisnis Anda tidak mampu mendapatkan hasil. Maka dari itu, perlu adanya konsistensi di berbagai aspek. Jika Anda ingin melakukan inovasi, coba pelajari apa yang masyarakat butuhkan saat ini dan konsisten menjadi kunci utama dalam mendongkrak bisnis Anda.

  • Kaji Ulang Keuangan Anda

Satu hal yang krusial adalah finansial bisnis yang perlu diperhatikan terutama pada kondisi seperti saat ini. Keuangan bisnis Anda menjadi salah satu alat untuk menentukan keberlangsungan bisnis dan. Keuangan merupakan salah satu alat penting untuk menentukan strategi apa yang akan Anda ambil kedepannya. Dengan adanya situasi seperti saat ini, Anda juga menyiapkan anggaran, yaitu gambaran budget suatu bisnis, baik untuk mengevaluasi hasil kerja maupun membuat perencanaan dan target untuk periode atau tahun selanjutnya.

Pastikan bisnis Anda memiliki strategi dan perencanaan yang tepat agar tetap berjalan dan bertahan di tengah pandemi saat ini.

Related Articles

‚ÄčIndonesia Fintech Festival & Conference

Faspay_atFintech-Fest.jpg

Pengertian, Manfaat dan Keuntungan Payment Gateway Indonesia

Strategi Marketing untuk Menjangkau Millennials

Strategi-Marketing-untuk-Menjangkau-Millennials.jpg