5 Jurus Jitu Promosi Cerdas, Jualan Online Dijamin Laku Keras

successful-executive-asia-young-businesswoman-smart-casual-wear-drawing-writing-using-pen-with-digital-tablet-computer-thinking-inspiration-search-ideas-working-process-modern-home-office_7861-2543

Perkembangan teknologi dan digital mempermudah setiap orang dalam berbisnis. Bisnis berskala kecil dan menengan, seperti industri rumah tangga hingga berskala besar atau korporasi dapat berjalan beriringan. Salah satu keunggulan bisnis online adalah luasnya cakupan pasar untuk menjual produk. Jika didukung dengan cara promosi yang tepat, bisnis Anda akan mampu mendatangkan hasil yang menguntungkan. 


Kegiatan promosi merupakan salah satu teknik pemasaran yang penting dalam sebuah bisnis. Promosi adalah kegiatan memperkenalkan sekaligus menawarkan suatu produk kepada konsumen dengan tujuan menarik minat konsumen tersebut untuk membelinya. 

Tanpa promosi yang tepat, produk berkualitas tinggi tak akan laku di pasaran karena tidak dikenal konsumen. Namun sebaliknya, dengan promosi yang tepat produk berkualitas standar bisa laku keras di pasaran. Nah, sama seperti bisnis konvensional, melakukan promosi juga menjadi cara bisnis online menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Ada banyak jenis promosi yang bisa digunakan untuk bisnis online. Maka dari itu, promosi dilakukan untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Jurus Promosi Apa Saja yang Dapat Dilakukan Agar Bisnis Laku Keras?

  • Diskon atau Potongan Harga

Merupakan jenis promosi yang cukup efektif dilakukan untuk menarik minat konsumen. Meski banyak orang bilang, jika diskon hanyalah trik permainan harga semata, faktanya produk jadi lebih mudah terjual dengan embel-embel promosi diskon. Cara kerjanya adalah dengan konsumen mendapat keuntungan berupa potongan harga dengan persentase tertentu saat membeli produk diskon secara langsung.

  • Flash Sale

Flash sale hampir sama dengan diskon. Perbedaannya pada flash sale diskon produk hanya ditawarkan dalam jangka waktu tertentu dan jumlah produk pun terbatas. Setelah melewati jangka waktu tersebut harga produk akan kembali normal. 

  • Cashback

Cashback belakangan ini menjadi jenis promosi yang sangat populer digunakan untuk bisnis online. Dengan promosi cashback, konsumen dapat memperoleh pengembalian uang (tunai atau virtual) dengan persentase tertentu setelah melakukan pembelian dengan syarat dan ketentuan khusus. 

  • Gift Box

Promosi ini mengharuskan Anda menyiapkan barang untuk dijadikan hadiah atas pembelian produk Anda. Biasanya barang yang dijadikan hadiah masih berhubungan dengan produk yang dibeli. 

  • Buy 1 Get 1 Free

Buy 1 get 1 free juga dapat menjadi alternatif cara bisnis online Anda berpromosi. Jadi, konsumen bisa mendapatkan 2 produk hanya dengan membayar harga 1 produk. Meski promosi ini mirip diskon, dimana produk tersebut dijual dengan harga yang didiskon 50% dan konsumen sesungguhnya telah membeli 2 produk. Namun, promosi ini cukup ampuh menarik minat konsumen untuk membeli.

Mulai sekarang, Anda dapat menerapkan salah satu atau menggunakan beberapa metode promosi di atas sekaligus. Pastinya perlu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan konsumen. Selain memberikan promosi, memberikan pengalaman bertransaksi yang baik dan menyenangkan bagi pelanggan juga berpengaruh terhadap penjualan. Anda bisa menggunakan payment gateway dari Faspay untuk menyediakan berbagai metode pembayaran online favorit pelanggan Anda. Cari tahu selengkapnya mengenai Faspay di website kami disini atau segera daftar disini.

Related Articles

Transaksi Aman, Mudah dan Hemat dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

GPN-Faspay.jpg

Bagaimana Menulis Abandoned Cart Email Marketing yang Menarik?

email_phone.jpg