Manfaat Tagihan Online Bagi Pelanggan dan Pelaku Bisnis

Illustrasi membuat tagihan online melalui dashboard faspay billing

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadikan banyak orang memanfaatkan berbagai macam aplikasi. Kini banyak perusahaan yang sudah menghadirkan beberapa aplikasi secara mobile. Terdapat berbagai macam fitur-fitur yang ada di dalamnya dan salah satunya adalah fitur tagihan online yang banyak terdapat pada aplikasi pembayaran dan tempat berbelanja online seperti website e-commerce atau marketplace.

Manfaat Tagihan Online Bagi Pelanggan
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari fitur tagihan online bagi pelanggan :

1. Hemat waktu
Kemudahan dalam menggunakan teknologi membuat pelanggan menjadi lebih hemat waktu dan lebih efisien. Biasanya, pelanggan hanya perlu membuka aplikasi saja untuk dapat melakukan pemeriksaan terhadap tagihan tersebut. Pembayaran untuk tagihan online ini juga sudah sangat mudah dengan adanya fitur moblie banking.

2. Data langsung diterima
Jika memiliki tanggungan yang belum dibayarkan, pelanggan dapat dengan mudah untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat tagihan online yang tertera pada aplikasi pembayaran atau tempat berbelanja online seperti website e-commerce dan marketplace.

3. Dapat melakukan estimasi waktu pembayaran
Biasanya pada tiap tagihan online yang dikeluarkan saat seorang pelanggan berbelanja secara online di website e-commerce atau marketplace terdapat batas waktu maksimum untuk melakukan pembayaran, sehingga pelanggan tersebut dapat melakukan estimasi kapan harus membayarkan tagihannya tersebut.

Manfaat Tagihan Online Bagi Pelaku Bisnis
Selain pelanggan, tagihan online juga memiliki beberapa manfaat bagi pelaku bisnis diantaranya adalah :

1. Hemat waktu
Salah satu keuntungan penggunaan tagihan online adalah Anda dapat mengatur pengiriman tagihan online secara otomatis kepada pelanggan Anda secara satuan ataupun sekaligus, dengan proses yang sangat cepat kapanpun dan dimanapun. Tagihan online juga mempermudah Anda dalam melakukan pemeriksaan tagihan, sehingga Anda tidak perlu lagi mencari satu per satu tagihan yang belum dibayarkan oleh pelanggan, karena semua data tagihan pelanggan secara detail ditampilkan pada dashboard.

2. Data langsung diterima
Anda hanya perlu mengirimkan link pembayaran kepada pelanggan dengan menggunakan SMS, email, whatsapp ataupun channel lainnya. Kemudian setelah pelanggan Anda melakukan pembayaran tagihan online, Anda dapat langsung menerima informasi pembayarannya secara real-time.

3. Pengiriman tagihan secara berkala
Penggunaan fitur tagihan online memudahkan Anda dalam mengirimkan tagihan secara berkala kepada pelanggan Anda. Pengiriman tagihan secara berkala ini sering disebut dengan istilah recurring, dimana pada sistem ini tagihan yang dibuat secara otomatis akan dikirimkan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Faspay Billing akan membantu Anda dalam menyelesaikan pembayaran tagihan online kepada pelanggan melalui email dan platform chat. Anda bisa membuat tagihan yang dikirimkan secara online sekaligus konfirmasi otomatis pada pelanggan. Detail transaksi dan tagihan online akan ditampilkan secara detail pada dashboard Faspay Billing Anda. Daftar sekarang juga agar bisnis Anda memiliki sistem manajemen yang efisien dalam membuat, mengirim dan mengelola tagihan yang dikirimkan kepada pelanggan Anda.

Related Articles

4 Inovasi dan Tren Fintech di Indonesia untuk Mempermudah Payment Online

inovasi_tren_fintech.jpg

Tips Memilih Payment Gateway yang Sesuai untuk Bisnis Online Anda

pexels-photo-164501.jpg

Faspay dan Koinworks Berbagi tentang Strategi Perencanaan Keuangan di Faspay Talks Vol. 3

Event Recap Faspay x Koinworks