Bagaimana Prinsip 80/20 Memberikan Dampak Besar Bagi Pertumbuhan Bisnis Anda?

Post 2 Blog Version FASPAY UPDATE 10 Sept-01

Prinsip 80/20 atau biasa disebut dengan istilah Pareto adalah prinsip yang sangat sederhana namun penting untuk Anda ketahui. Prinsip ini ditemukan oleh seorang ekonomis dari Italia yaitu Vilfredo Pareto pada tahun 1906. Dimana pada masa itu 80% tanah, dimiliki oleh 20% populasi dari masyarakat Italia.

Yang penting dari prinsip pareto ini adalah menemukan distribusi 80/20 pada bisnis Anda. Seperti contohnya adalah 20% pelanggan Anda dapat menghasilkan 80% penjualan. Dan 20% waktu produksi dapat menghasilkan 80% produk Anda. Prinsip Pareto atau 80/20 pada masa sekarang ini, sebagai aturan yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis. Jika Anda bisa memahami secara instan bagaimana mengerjakan bisnis Anda, menggunakan 20% waktu yang Anda miliki untuk menyelesaikan 80% perkerjaan, bukankah ini cara yang efektif? Sisa waktu yang Anda miliki, dapat digunakan untuk melakukan aktivitas lainnya. Sebaliknya dengan mengidentifikasi karakteristik dari 20% pelanggan potensial (menghasilkan 80% penjualan), Anda dapat menemukan pelanggan yang sama dan secara drastis dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi bisnis Anda.

Prinsip Pareto sudah banyak digunakan oleh pemilik bisnis selama bertahun-tahun, terus dipelajari dan diteliti sehingga membuktikan prinsip ini dapat berinovasi menyesuaikan dengan keadaan bisnis pada masa sekarang. Untuk menggali lebih dalam, seperti yang kita tahu apabila 20% pelanggan dapat menghasilkan 80% penjualan, maka angka 20% ini dapat di terapkan kembali pada prinsip 80/20, yang berarti 20% dari 20% pelanggan Anda (4% dari keseluruhan) mewakili 64% penjualan. Sekarang Anda dapat mendistribusikan 4% pelanggan Anda untuk menghasilkan 64% penjualan. Jadi Anda dapat menemukan kembali pelanggan yang memiliki karakteristik serupa.

Kekuatan perhitungan dari prinsip pareto dapat di aplikasikan ke dalam bisnis Anda untuk menambah penjualan dan keuntungan dengan cepat. Prinsip ini dapat diterapkan ke berbagai jenis bisnis, kuncinya adalah dengan mengidentifikasi 80/20 pada bisnis Anda dan memanfaatkan pembagian perhitungannya. Sebagai pemilik bisnis prinsip ini dapat menjadi strategi dan alat yang unik untuk terus mengembangkan bisnis Anda.

Related Articles

Tips Cerdas Mengelola THR

Tips Cerdas Mengelola THR

​DevOps Indonesia MeetUp #13 at Faspay

DevOps-Indonesia-MeetUp-at-Faspay-January-2019.jpg

​Partisipasi Faspay dalam Hybrid Marketing for Indonesia E-Commerce  

fc1b9048-bf28-40aa-8147-520b5d8e2daa.jpg