Simak Bagaimana Sistem Keamaan di Payment Gateway Bisa Menjamin Transaksi Bisnis Anda?

Post 3 Blog Version FASPAY UPDATE 10 Sept-01

Pada masa sekarang, bisnis online sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan pebisnis dari seluruh dunia karena kemudahan yang ditawarkan dan menyediakan cara yang mudah untuk membeli serta menjual barang dan jasa Anda. Secara umum dalam menjalankan transaksi pembayaran online, ada 4 pihak yang terlibat, yaitu Pelanggan, Toko Online, Lembaga Keuangan yang dimiliki pelanggan, dan Payment Gateway.

Payment Gateway menyediakan jaringan yang aman untuk menjalankan transaksi dan memverifikasi secara otomatis dengan memeriksa apakah setiap transaksi yang berjalan dapat diterima atau ditolak (berdasarkan alasan keamanan). Jadi Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu memeriksa satu-persatu transaksi yang berjalan secara manual.

Kemampuan untuk melakukan pembayaran secara aman adalah salah satu komponen yang wajib dimiliki oleh Payment Gateway, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya penipuan atau risiko kerugian. Jadi transaksi yang berjalan dan diproses akan terjamin keamanannya sehingga dapat berjalan tanpa adanya hambatan. Berikut adalah sistem keamanan berlapis yang harus dimiliki oleh Payment Gateway.

1. Enkripsi Data
Enkripsi data adalah sistem lapisan keamanan utama yang harus ada di dalam Payment Gateway. Ketika pelanggan Anda mengisi detail data pembayaran untuk bertransaksi, sistem akan mengamankan data ini dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca. Hal ini dapat menghindari pencurian data dari pihak yang tidak berwenang sewaktu proses transaksi berjalan.

2. Secure Socket Layer (SSL)
Payment Gateway menggunakan SSL untuk melindungi informasi pelanggan bisnis Anda yang bersifat sensitif. Lapisan keamanan ini untuk melindungi transaksi di browser atau website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Sistem ini digunakan sebagai standar protokol pemindahan/pertukaran data pembayaran antara pihak agar lebih aman.

3. Tokenisasi
Tokenisasi adalah sistem lapisan keamanan yang mengganti data kartu kredit sebagai token (rangkaian karakter) yang unik agar tidak dapat terlacak informasi di dalamnya. Jadi apabila terdapat pelanggaran akses data pada pihak tertentu, informasi ini tidak dapat dibaca. Hal ini mengurangi resiko terjadinya penipuan dan pencurian data pada saat berjalannya transaksi.

4. PCI DSS Compliance
Payment Card Industry Data Security Standard
(PCI DSS) adalah standar keamanan untuk menyimpan, memproses, dan mengirimkan data pada saat bertransaksi. Lapisan sistem ini membantu Anda dan lembaga keuangan untuk menyediakan solusi pembayaran yang aman, dengan standardisasi oleh PCI Security Standards Council, yang dibentuk oleh American Express, Discover Financial Services, JCB International, MasterCard Worldwide, dan Visa Inc.

Memilih sistem pembayaran online yang aman menjadi jaminan transaksi anda sukses. Faspay hadir dengan sistem keamanan berlapis dan sudah dipercaya dari berbagai macam industri. Daftarkan segera bisnis Anda disini

Related Articles

​FASPAY at Finspire 2017

faspay_finspire_2017.jpg

Faspay Gathering 2017 bersama Permata Bank

FASPAY-PERMATA.jpg

Kini Bisnis Anda Bisa Berikan Kemudahan Tarik Tunai di Alfamart!

WhatsApp Image 2020-11-30 at 1.01.31 PM