News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

​Mencuri Hati Calon Investor  

2016-02-08

Pesatnya perkembangan internet dan social media melahirkan banyak entrepreneur-entrepreneur baru beberapa tahun belakangan. Para pebisnis baru atau yang lebih dikenal dengan istilah start-up, kebanyakan bergerak dalam bisnis online seiring dengan kemudahaan akses internet yang memang menjadi faktor penting dalam bisnis ini. Bisnis online kini kian menggiurkan melihat banyaknya jejak-jejak sukses yang lahir dari dunia yang sedang populer ini.


Alhasil, persaingan di dunia bisnis online semakin ketat. Persaingan datang bukan hanya dalam hal merebut hati konsumen tetapi juga dalam merebut hati investor. Kesuksesan Tokopedia, Traveloka, dan Kaskus dalam mendapatkan sejumlah dana dari para investor juga menjadi penyemangat para start-up ini dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Biasanya beberapa start-up mulai menjalankan bisnis mereka melalui modal pribadi yang mereka miliki. Saat awal meluncurkan bisnisnya, hal yang pasti dilakukan adalah menjalankan strategi pemasaran yang seefektif mungkin sembari melakukan pengembangan produk yang dimiliki. Para start-up harus pandai dan kreatif dalam merebut hati konsumen diawal. Saat produk mulai dikenal dan digunakan oleh masyarakat, saat itulah para start-up bisa mulai meyakinkan investor bahwa bisnis yang dibangun adalah bisnis yang menjanjikan dan bernilai tinggi.

Mengutip dari Takahiro Suzuki, GM dari CyberAgent Venture Indonesia, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh start-up jika ingin dilirik oleh investor:
1.Bagaimana layanan/produk dari start-up tersebut bisa menang di pasar local
2. Potensi bisnis untuk berkembang dan menguasai pasar yang besar
3. Originalitas bisnis
4. Strategi dan skenario sukses yang logis
5. Struktur pengelolaan manajemen bisnis dan strategi
6. Founders dan anggota dari start-up (faspay/al)

| Editor : Aldion Sianturi | www.linkedin.com/in/aldionsianturi

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here