News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

5 Email Otomatis yang Wajib Anda Kirimkan kepada Customer

2017-12-28

Email marketing memungkinkan perusahaan mengirim pesan yang lebih panjang dan bertarget kepada calon customer dan customer terkini. Jika Anda memanfaatkan automated email (email otomatis) untuk meraih leads, optimalkan 5 email ini untuk engage audience sekaligus meningkatkan penjualan.

1. Welcome Email

Email selamat datang (welcome email) adalah kontak pertama antara produk Anda dan customer. Lebih tepatnya, welcome message akan menentukan seberapa besar kemungkinan customer membuka email dari Anda. Karena itu, membuat welcome message yang ‘mengena’ akan mempermudah komunikasi.

Tips:

  • tawarkan diskon atau free trial sebagai insentif karena sudah berlangganan. Selain meningkatkan conversion, dipastikan customer membaca seluruh isi email.
  • Pastikan email dikirim (melalui autoresponder) sesegera customer subscribe, selagi brand Anda masih hangat dalam ingatan mereka.
  • Sertakan call-to-action untuk follow social media atau blog Anda.
  • Hindari kata-kata bersifat spamming, baik di subject maupun di body email agar pesan Anda tidak masuk kotak Spam.

2. Pengingat Abandoned Cart

Calon pembeli bisa meninggalkan cart karena alasan tertentu. Software pengirim email otomatis seperti MailChimp memiliki fitur untuk membuat mengirim email autoresponse pada waktu tertentu, termasuk setelah customer meninggalkan cart. Selebihnya tentang abandoned cart bisa Anda baca di artikel ini.

Tips:

  • Gunakan subject email yang menggugah kepenasaran, semisal “...Menunggumu di Keranjang Belanja”.
  • Tambahkan user review asli yang positif tentang produk yang masuk abandoned cart.

3. Follow Up

Setelah customer membeli produk Anda, tak ada salahnya mengirimkan post-purchase follow up email. Follow up bisa berupa permintaan untuk me-review produk yang baru dibeli. Review merupakan alat penjualan yang penting dalam digital marketing karena mempengaruhi keputusan membeli customer lain.

Tips:

  • Jangan lupa sampaikan terima kasih karena telah membeli produk Anda.
  • Tampilkan beberapa produk relevan yang mirip produk yang baru mereka beli.
  • Sertakan informasi penting sehubungan produk, seperti cara perawatan, penggunaan, dan FAQ.

4. Re-engagement

Anda memiliki sejumlah audience yang lama tak membeli produk, lama tak mengunjungi website, atau lama tak membuka email dari Anda? Untuk ‘memanggil’ mereka kembali, pergunakan re-engagement email. Agar mereka tertarik, tawarkan produk gratis, diskon, atau insentif lain, misal diskon 10% untuk pembelian selanjutnya. Anda pun dapat menggunakan kata-kata seperti “We Miss You!” yang mengibaratkan bahwa Anda 'merindukan' keterlibatan mereka.

5. Update dan Informasi yang Relevan

Alasan tersering mengapa customer berlangganan newsletter adalah ingin tahu update seputar produk baru dan info promo. Artinya, mereka menantikan informasi yang relevan. Jika terlalu banyak pesan yang tidak berhubungan, customer Anda bisa unsubscribe. Anda tidak mau ini terjadi kan?

Tips:

  • Gunakan frasa yang menarik perhatian, seperti “Flash Sale” atau “New Product”.
  • Tempatkan CTA di area yang mudah dilihat.

| Editor : Faspay Editor |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here