News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

​DIGITAL IN EVERY WAY: PR 3.0

2017-10-30

Public Relations alias Kehumasan tentunya merupakan sebuah strategi perusahaan yang tidak bisa diabaikan. Setidaknya lima belas tahun belakangan ini, pertumbuhan dunia digital juga membuat terjadinya evolusi di berbagai aspek termasuk dunia Public Relations yang akhirnya mendorong perusahaan tidak hanya mengandalkan media konvensional dalam menjalankan strategi PR mereka, tetapi juga strategi Digital PR yang merupakan sebuah kewajiban di era jaman sekarang.

PR tradisional berfokus pada hubungan perusahaan dengan media massa untuk menjadi jembatan dalam menyampaikan informasi tentang perusahaan kepada masyarakat layak. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah membuat Press Release untuk sebuah kegiatan ataupun untuk menyampaikan tentang hal yang terjadi di perusahaan. Tugas dari seorang PR adalah untuk mengemas informasi dan key messages yang ingin disampaikan perusahaan dengan semenarik mungkin. Hal ini dikarekan setiap media dapat menerima ratusan press release setiap harinya, sehingga tim Editor media hanya akan memilih informasi yang memiliki nilai berita yang tinggi.

Selain itu, PR Tradisional juga memiliki keterbatasan dalam hal menjangkau pelanggan secara langsung. Hal inilah yang membuat Digital PR kemudian menjadi favorit banyak Brand dan perusahaan karena kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan para pelanggan menjadi jauh lebih mudah. Media sosial merupakan media komunikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menjangkau target market dimana informasi di dalamnya dapat dikemas sesuai dengan ketertarikan atau interest dari target market setiap perusahaan. Informasi yang dikirimkanpun menjadi real time dan tidak perlu menunggu media konvensional untuk menerbitkannya, sehingga pelanggan mendapatkan informasi secara lebih cepat.

Selain mengelola media sosial, PR juga dituntut untuk dapat mengatur konten website perusahaan. Dalam kegiatan ini, banyak perusahaan yang secara khusus menyiapkan anggaran tertentu untuk menggunakan jasa Digital PR dalam menjalankan Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM) atau Google Display Network (GDN). Berbagai tools yang disediakan Google inilah yang perlu dikelola untuk membuat website perusahaan lebih menonjol (higher online visibility) dibanding perusahaan lainnya.

Tren yang muncul belakangan adalah kerjasama antara perusahaan dengan para influencer melalui media sosial hingga kampanye brand. Dunia digital telah melahirkan banyak influencer yang tidak hanya berlatarbelakang selebriti, tetapi siapapun dapat menjadi influencer. Mereka yang disebut influencer biasa merupakan sosok yang memiliki kekuatan digital yang dapat dinilai dari jumlah follower di media sosial mereka, biasanya mereka adalah para Blogger maupun Vlogger. Setiap influencer memiliki segmentasi berbeda yang dapat dipilih oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan mereka. Kehadiran influencer tentunya membantu perusahaan untuk menyebarkan informasi kepada para followers yang memiliki interest atau ketertarikan yang sama sehingga perusahaan dapat mengirimkan informasi dengan tepat sasaran.

Tidak hanya aktivasi digital saja, PR masa kini juga dapat menggabungkan baik kegiatan online maupun offline secara bersamaan. Kegiatan offline yang dapat dilakukan tidak berbeda dengan PR konvensional, namun konsep digital digabungkan dengan kampanye sosial media dan juga kerjasama dengan influencer serta mengajak keikutsertaan pelanggan untuk hadir di acara tersebut. Strategi ini banyak digunakan untuk menumbuhkan Brand Engagement yang lebih kuat dengan pelanggan. Selain memperkuat Brand Engagement, aktifitas PR pun bahkan dapat membangun sebuah komunitas yang terdiri dari para pelanggan yang tentunya dapat membantu kesuksesan program PR sebuah perusahaan.

Dari berbagai pilihan program diatas, apakah perusahaan Anda telah aktif menjalankan program Public Relations dan apakah program PR yang dijalankan telah memberikan hasil maksimal untuk perusahaan Anda?

| Editor : KGK |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here