News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

Evolusi Media

2017-02-27

Perkembangan dunia digital yang pesat dan munculnya berbagai jenis media baru secara tak sadar menggeser perilaku membaca para netizen. Berdasarkan informasi yang dibagikan oleh Hellen Katherina, Executive Director Media Nielsen melalui majalah Marketing bahwa generasi Milenial (20-34 tahun), yang merupakan jumlah generasi terbesar yaitu sebesar 48%; masih memiliki penetrasi yang besar dalam mengkonsumsi media cetak. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan generasi X yang notabene adalah penikmat media cetak sejak dulu.

Radio juga masih memiliki penikmatnya sendiri. Lebih dari 50% pendengar radio dibawah umur 35 tahun. Selain dua media konvensional diatas, TV masih menjadi medium paling dominan. Bahkan penetrasi di tahun 2016 meningkat 3%. Hal ini didukung dengan bermunculannya TV lokal yang menjangkau segmen baru yang tidak dapat dijangkau oleh TV skala nasional.

Yang memukau adalah perkembangan media digital. Dunia digital atau internet memiliki penetrasi dan pertumbuhan yang paling memukau dibandingkan dengan jenis media lainnya, dari 7% menjadi 40%. Naiknya angka penetrasi dan pertumbuhan yang sangat pesat ini tak bisa di pungkiri membuat permintaan iklan digital/online semakin tinggi. Bayangkan saja jumlah pengguna akses internet meningkat tajam dalam waktu satu tahun, dari 49% menjadi 77%. Sekitar 96% penggunanya mengakses dari mobile phone, yang mana kita semua tahu bahwa ketergantungan masyarakat Indonesia akan mobile device sangat tinggi. Alhasil, para marketers memanfaatkan moment ini untuk memasarkan produk mereka di online lebih gencar lagi.

Pada dasarnya setiap media memiliki keunikannya masing-masing. Pemilihan jenis media juga tidak semerta-merta harus mengikuti apa yang sedang trend tetapi lebih kearah siapa target audience yang ingin dicapai agar lebih tepat sasaran. (faspay/ffd)

| Editor : FFD | https://id.linkedin.com/in/frecy-ferry-daswaty-24482140

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here