News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

Facebook, Instagram & YouTube: The Strongest Marketing Tools of 2017

2017-06-02

Tidak pernah absen dari ketiga platform media sosial ini? Inilah ketiga platform yang masih menjadi unggulan di tahun 2017 untuk urusan pribadi hingga bisnis Anda. Ketiganya saat ini masih dianggap sebagai “marketing tool” yang paling ampuh, tidak hanya di Indonesia, namun juga di mancanegara.

Ditengah kemunculan berbagai platform sosial media lain yang tak kalah terkenal, seperti Twitter, Path, Pinterest, dan lain sebagainya, Facebook, Instagram serta YouTube menjadi kebutuhan mendasar, khususnya di kalangan para generasi millenials. Tak pelak, kini perusahaan harus mempersiapkan anggaran marketing khusus untuk mempromosikan produk atau jasa mereka di platform media sosial. Tentunya hal ini lantaran tingginya pengguna Facebook, Instagram dan YouTube. Lantas, platform manakah yang paling kuat diantara ketiga platform ini?

Facebook, Instagram dan YouTube, ketiganya memiliki kekuatan masing-masing. Pengguna Facebook saat ini masih di kalangan dewasa alias generasi X. Sementara pengguna Instagram merupakan generasi Y dan Millenials yang tiap harinya aktif menggukan platform ini. YouTube merupakan platform yang paling kuat, karena penggunanya terdiri dari beragam segmentasi usia, budaya, hingga demografis. Hingga akhir tahun 2016, YouTube menjadi search engine kedua terbesar yang memiliki traffic kedua terbesar juga di seluruh dunia, yang tentunya di posisi pertama masih diduduki oleh induk perusahaannya, yaitu Google.

Mengapa Youtube dikatakan memiliki kekuatan yang begitu besar? Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communications Google Indonesia menjelaskan data internal Google dari Januari 2016 hingga Januari 2017, dimana pertumbuhan konten yang di upload di YouTube mencapai 278% per jam nya. Sementara, jumlah penonton YouTube di Indonesia via mobile mencapai 155%. Pengguna yang menonton YouTube di Indonesia yang termasuk di segmen usia 15-34 tahun bahkan telah mengalahkan jumlah penonton TV nasional. Hal inilah yang membuat berbagai pihak, pribadi maupun perusahaan, rela menghabiskan sejumlah anggaran tertentu untuk menciptakan konten video yang menarik yang dapat menjadi kesempatan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada target market mereka.

Sementara Facebook dan Instagram juga menjadi marketing tool yang tak kalah penting dari YouTube. Hal ini dikarenakan Facebook dan Instagram dapat menjadi satu platform untuk mempromosikan secara singkat tentang campaign yang dibuat perusahaan di YouTube, seperti sebuah trailer singkat. Video berdurasi 30 – 60 detik dapat menjadi trailer yang memancing target market untuk menonton versi lengkapnya di YouTube. Beberapa perusahaan yang telah berhasil membuat kampanye online ini diantaranya adalah LINE Indonesia, Toyota Sienta, AXE, Axis, Samsung, Honda, Bukalapak, Sariayu dan Royco.

Tidak hanya karena kekuatan dari segi banyaknya pengguna ketiga platform ini, namun juga kemampuan ketiganya untuk memangkas anggaran untuk iklan konvensional, seperti di TV maupun media lainnya. Waizly Darwin, SMB Lead Indonesia, Facebook Indonesia, menjelaskan bahwa beriklan di Facebook (Facebook Ads) terbukti lebih efisien hingga 4 kali lipat dibanding iklan TV, apabila dibandingkan antara jangkauan kampanye dengan nilai investasi yang dikeluarkan di platform ini.

Instagram pun memiliki fitur Instagram Business dan Instagram Ads yang memampukan platform ini untuk digunakan sebagai salah satu tool marketing di tahun ini. Perusahaan maupun perorangan dapat membuat profile “bisnis” dengan langsung mencantumkan website, email serta nomor kontak perusahaan yang dapat dikontak langsung hanya dengan satu klik. Instagram pun memberikan masukan kepada penggunanya untuk mengiklankan konten mereka dengan nilai yang cukup terjangkau dengan target yang dapat dibilang cukup besar dengan menyebarkan ke penggunanya yang berada hingga jarak kilometer tertentu. Bahkan, kini melalui instagram story pun, Anda dapat beriklan serta memberikan tautan yang langsung dapat dihubungkan ke website Anda.

Ketiga platform ini memberikan laporan dari hasil kampanye atau postingan Anda dengan cukup detil, seperti jumlah Likes, Comment, Saved, Shared, bahkan Impressions, Reach dan Engagement. Data ini tentunya dapat digunakan sebagai laporan dari kampanye Anda saat ini dan juga dasar untuk rencana kampanye Anda berikutnya.

| Editor : KGK |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here