News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

Virtual Account: Metode Pembayaran yang Harus Diperhitungkan

2017-08-09

Virtual Account: Metode Pembayaran yang Harus Diperhitungkan

Tampaknya Anda harus mulai mempertimbangkan menggunakan banyak metode pembayaran pada e-commerce. Semakin banyak, maka semakin memudahkan konsumen dalam proses pembelian.

Sistem pembayaran online masih menjadi PR besar bagi industri e-commerce. Transaksi e-commerce di Indonesia memang terus meningkat sejak tahun 2014 dengan jumlah US$12 miliar dan naik US$18 miliar pada 2015—seperti dikutip dari techinasia. Bahkan, pada 2020 transaksi e-commerce bisa meningkat hingga US$130 miliar. Angka tersebut ternyata belum optimal karena masih terkendala sistem pembayaran.

Anda mungkin sudah mengenal beberapa metode pembayaran online yang digunakan dalam industri e-commerce, seperti transfer bank, internet banking, credit card, online payment, dan cash on delivery. Dari riset yang dilakukan oleh Permata Bank, ternyata transfer bank menjadi pilihan utama saat seseorang melakukan transaksi online.

Lebih Cepat dengan Virtual Account

E-commerce terus bertambah, pembeli disuguhkan dengan banyaknya metode pembayaran online. Namun, isu penipuan tak bisa lepas dari proses online. Metode pembayaran transfer bank masih memiliki tantangan tersendiri bagi pelaku ­e-commerce, seperti dari riset yang sama.

Mulai dari isu keamanan dimana rekening penjual yang disalahgunakan. Berisiko terjadi human error mengingat dari sisi penjual, Anda harus melakukan pengecekan secara manual dan memakan waktu yang cukup lama jika transaksi sedang banyak-banyaknya. Semakin lama mengecek transaksi, semakin lama pula barang dikirim. Sementara dari sisi pembeli, mereka akan kesulitan karena harus melakukan konfirmasi pembayaran.

Virtual account bisa dikatakan sebagai jawaban dari tantangan transfer bank secara manual. Sebagai salah satu metode pembayaran, virtual account bekerja dengan menciptakan nomor rekening sementara yang bisa berubah setiap transaksi baru. Saat pembeli melakukan transaksi, mereka akan mendapatkan 16 digit nomor rekening.

Pembeli tinggal mentransfer ke nomor rekening sementara, baik lewat ATM, internet banking, atau mobile banking pada biasanya. Lantas apa keunggulan virtual account terhadap penjual & pembeli?

  • Bisa menerima pembayaran dari seluruh bank.
  • Pembeli tak perlu repot melakukan konfirmasi, sedangkan penjual juga tak perlu mengecek manual untuk mengetahui apakah dana sudah masuk atau belum.
  • Dana masuk ke rekening penjual di hari yang sama.

Untuk bisa menggunakan virtual account pada industri e-commerce dibutuhkan payment gateway, di mana beberapa bank yang sudah ada sistem tersebut seperti BCA, Mandiri, Permata Bank, BRI, atau BNI.

Ada beberapa pertimbangan saat Anda akan menggunakan sistem pembayaran virtual account. Evaluasi terlebih dahulu, mulai dari harga jual dan jenis produk yang dijual. Penting diingat jika sistem payment gateway ini membutuhkan biaya setiap transaksi yang dilakukan. Jadi, penjual harus membayar sejumlah transaksi yang ada dalam satu bulan dengan biaya yang berbeda.

| Editor : Faspay |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here