News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

Cukupkah Keamanan Payment Gateway Saat Memesan Hotel Online?

2018-07-26

Kemudahan payment online kini sudah merambah ke segala lini bisnis, salah satunya perhotelan. Ke mana pun Anda ingin pergi dan mencari penginapan hotel di Indonesia ataupun mancanegara bisa dicari dan dipesan secara online saja. Secara singkatnya, Anda cukup mengunjungi hotel yang dituju kemudian atur periode kunjungan.

Banyak hotel di Indonesia yang memiliki cabang di seluruh daerah dan kota besar, jadi Anda pun perlu menentukan kota mana yang akan dikunjungi. Setelah itu, pilih jenis kamar dan isi data pribadi, lalu checkout ke pembayaran. Sejumlah hotel sudah dilindungi payment gateway for hotel in Indonesia sebagai jaminan keamanan, maka Anda tidak perlu khawatir.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan reservasi via online travel agent (OTA), Anda perlu ekstra hati-hati. Reservasi online tidak lepas dari menentukan, memilih, dan membayar saja. Pasalnya, cyber crime bisa saja ‘menjebak’ suatu perangkat saat pencarian di periode yang spesifik, seperti diungkap Country Manager, Consumer, Bastien Dubuc di Avast Perancis. Perlu Anda ingat, melakukan reservasi online berarti memberikan data personal Anda.

Ada juga beberapa tips yang harus Anda ingat kala bepergian ke luar kota dengan bantuan OTA, seperti berikut ini.

1. Waspadai Email Phishing

Sebaiknya Anda tetap selektif dalam membuka inbox. Apalagi, email dari alamat asing yang terlihat mencurigakan. Jika ini yang terjadi, lebih baik Anda tidak mengklik link dan attachment yang ada. Alamat email yang berpotensi malicious mampu mengatur perangkat pengguna dan memberikan akses kepada hacker untuk mencuri informasi penting, seperti data login dan nomor kartu kredit.

Yang mungkin terjadi juga, pengguna dapat diarahkan menuju situs imitasi yang tampak seperti situs resmi dan meminta Anda untuk me-reset password. Kalau Anda merasa tidak melakukan kesalahan apa pun, cek kebenarannya dengan cara menghubungi pihak penyedia akun. Memastikan ini akan menghalangi pencurian data sekaligus mengingatkan semua kontak.

2. Atur Kredensial Unik

Setiap akun online Anda memiliki login dan password. Pastikan Anda membuat password yang sulit ditebak dan mengandung karakter selain alfabet. Anda pasti pernah juga dengar, kata sandi terbaik adalah gabungan dari variasi simbol, minimal 8 karakter. Jadi, gabungkan huruf kapital, angka, dan karakter spesial agar password Anda sulit dikenali hacker.

3. Two Factor Authentication

Two factor authentication memungkinkan untuk mengatur beberapa tingkatan keamanan yang lebih kompleks. Contoh, jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan menerima kode unik setiap kali akan transaksi kemudian memasukkannya ke situs. Tanpa kode ini, Anda tidak bisa melanjutkan proses transaksi. Jadi, jenis keamanannya tidak bergantung pada input password saja, tetapi juga kewajiban memasukkan kode unik yang dikirimkan privat ke hp Anda.

4. Pastikan Metode Pembayaran Aman

Umumnya, setiap transaksi online atau payment online menggunakan kredit wajib dilakukan dengan proteksi keamanan. Dalam hal memesan penginapan saat liburan, payment gateway for hotel in Indonesia sudah dilengkapi dengan keamanan terenkripsi. Malah, kebanyakan perilis kartu kredit memungkinkan Anda melaporkan kecurangan dalam kurun waktu 30 hari.

5. Verifikasi HTTPS dan Gembok Secure

Supaya aman, saat Anda melakukan pembayaran, perhatikan sisi kiri pada address bar. Jika website tidak memiliki ‘https://’ dan lambang gembok hijau dikunci (secure), sebaiknya Anda tidak lanjutkan. Ini berarti, website itu tidak menyediakan enkripsi atau sertifikat autentikasi yang dikeluarkan otoritas tepercaya. Dengan kata lain, website ini tidak secara proaktif melindungi data sensitif Anda.


Itulah 5 cara simple namun awas yang bisa Anda terapkan ketika bertransaksi online untuk memesan hotel penginapan saat liburan.

| Editor : Faspay |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here