News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

Jangan Hanya Terpaku pada Promo, Berikut Ini Tips Belanja Online Hemat di Bulan Ramadan

2018-05-17

Bulan Ramadan sudah memasuki hari pertama. Biasanya, dalam rangka menyambut bulan Ramadan berbagai e-commerce menawarkan promo menarik untuk para pelanggannya. Dengan banyaknya pilihan, Anda harus cermat memilih marketplace dan harga terbaik. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar belanja nyaman dan aman.

1. Alternatif Metode Pembayaran

Situs belanja online bekerja sama dengan berbagai bank, dilengkapi keamanan payment gateway yang disahkan Bank Indonesia. Metode pembayaran yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari transfer bank, cicilan kartu kredit, dan lain-lain. Tak jarang, situs belanja online itu menyediakan diskon atau bunga cicilan rendah hingga 0%. Karena itu, telitilah dalam mempertimbangkan metode pembayaran yang meringankan Anda.

2. Bandingkan Harga

Awal 2017 saja, pengguna internet yang lebih suka berbelanja online mencapai 24,74 juta orang (Hootsuite). Tak heran jika Indonesia mengalami peningkatan perkembangan marketplace yang pesat. Meriset harga terlebih dahulu tak akan sia-sia mengingat efisiensi yang didapat. Ini berarti kesempatan Anda untuk menyelidiki situs marketplace terbaik seperti Tokopedia, Zalora, Lazada, dan sebagainya (source: ilmuonedata.com, Juni 2017). Cari barang yang ingin Anda beli kemudian bandingan harga di tiap-tiap marketplace tersebut.

3. Metode Pengiriman Barang

Ketika belanja online, Anda sebagai customer harus cermat memilih metode pengiriman barang. Kini bukan hanya kurir logistik yang mengirimkan barang, melainkan transportasi online seperti Go Send dan COD. Mana pun yang menurut Anda lebih baik, pastikan biaya pengiriman tak memberatkan Anda.

4. Diskon dan Promosi

Di bulan-bulan tertentu terutama bulan Ramadan banyak situs belanja online yang menawarkan diskon dan promosi khusus. Bisa saja harga barang yang dijual Rp2 jutaan didiskon menjadi Rp1,6 juta. Sekalipun, Anda harus tetap cermat menentukan harga diskon terbaik dan jangan tergiur begitu saja. Baca deskripsi produk dengan teliti dan kritislah ketika merasa harga yang diberikan terlalu 'murah'.

5. Langganan Newsletter atau Follow Social Media Marketplace Favorit

Anda pasti sering ditawari berlangganan newsletter saat mengunjungi marketplace favorit, bukan? Alih-alih membuat kotak pesan penuh, newsletter sebenarnya tak hanya ajang promosi bagi marketplace. Seperti Zalora, menawarkan voucher untuk pelanggan yang baru pertama kali berbelanja di situ. Untuk mendapatkan voucher, Anda harus subscribe newsletter. Selain itu, Anda akan menjadi yang pertama mengetahui update terbaru, termasuk diskon dan promo yang berlangsung.

Namun, jika menurut Anda newsletter hanya memenuhi inbox, follow saja akun marketplace favorit Anda. Mereka pasti meng-update juga social media yang dimiliki, Instagram atau Facebook.

6. Belanja dengan Kartu Kredit

Kartu kredit jenis co-branding menawarkan fitur poin dan diskon lebih dibandingkan kartu kredit biasa. Kartu kredit ini bekerja sama dengan supermarket atau ritel tertentu. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan produk pilihan, misalnya dengan kartu BCA-Indomaret Anda sudah bisa membeli kebutuhan rumah tangga. Namun, kartu kredit pada umumnya pun memiliki fitur point rewards untuk restoran, belanja, dan lainnya. Selain itu, program cashback kartu kredit secara tak langsung memberikan potongan pada transaksi Anda.

Jadi, cara mana yang paling Anda setujui?

| Editor : Faspay Admin |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here