News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

QR Code Payment, Alat Pembayaran Masa Depan?

2018-12-14

Di tengah kemajuan fintech yang semakin terasa di tahun 2018 ini, teknologi QR kembali menjadi salah satu pusat perhatian. Kemudahan pengguna smartphone untuk langsung membayar melalui eWallet yang mereka miliki dengan sekali “scan” dan kemudian pembayaran terjadi secara cashless di outlet-outlet offline tentunya semakin memudahkan masyarakat untuk bertransaksi sejalan dengan program cashless society yang sedang di galakkan oleh pemerintah RI. Selain itu, beragam promo menarik juga ditawarkan oleh pelaku fintech yang menyediakan layanan pembayaran QR Payment untuk menarik perhatian masyarakat untuk turut mencoba teknologi ini. Lalu, apa saja keunikan QR Payment yang perlu kita ketahui?

“QR Code” merupakan singkatan dari Quick Response Code yang merupakan salah satu jenis kode matriks atau kode batang. Umumnya, kode batang ditempelkan pada suatu barang atau benda dan dengan memanfaatkan alat pemindai, informasi tentang barang atau benda kemudian bisa didapatkan oleh pengguna smartphone tersebut. QR Code bisa diakses lewat smartphone yang memiliki teknologi pemindai (Scan) QR Code dan sedang terhubung dengan jaringan GPRS atau Wi-fi. Menurut data hingga kwartal kedua di tahun 2018, sebanyak 12 perusahaan telah memiliki izin untuk memberikan sistem pembayaran melalui kode respons cepat (Quick Response Code/QR Code).

Pertumbuhan jumlah pengguna teknologi QR Code diperkirakan akan berkembang secara pesat mengingat pertumbuhan jumlah penduduk yang terhubung dengan akses internet telah mencapai 36% dari total populasi dan jumlah penduduk yang telah memiliki rekening bank adalah sebanyak 36% dari total penduduk Indonesia. Angka ini tentunya diperkirakan akan semakin berkembang terbukti dari peningkatan jumlah transaksi melalui fintech (layanan pembayaran) yang mencapai angka US$ 18,6 miliar sepanjang 2017 lalu.

Tantangan lain pun muncul seiring dengan bertambahnya perusahaan yang menyediakan layanan QR. Akan ada semakin banyak kode QR di merchant yang menerima pembayaran jenis QR sehingga mungkin akan membingungkan pengguna. Saat ini Bank Indonesia tengah menyiapkan sistem dan standardisasi untuk penyedia layanan QR agar memiliki layanan interoperabilitas, interkonektivitas, keamanan, dan inklusi untuk memudahkan merchant dan pelanggan agar dapat melakukan pemindaian hanya dalam satu QR Code.

Di sisi bisnis online, layanan QR Payment juga akan menjadi sebuah fitur baru yang menarik dan semakin mempercepat proses pembayaran ataupun pengiriman dana. Salah satu layanan QR Payment yang telah tersedia di Faspay adalah layanan CIMB Go-Mobile dan BCA Sakuku yang memungkinan Anda untuk menyediakan layanan QR Payment di toko online Anda. Untuk informasi lebih lanjut seputar layanan ini, jangan ragu untuk menghubungi kami di hello@faspay.co.id sekarang!


| Editor : KGK |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here