News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

Waspada Penipuan Customer ‘Bandel'

2018-11-30

Semakin maraknya penipuan digital membuat masyarakat harus semakin waspada dalam melakukan transaksi secara online. Berbagai modus dilakukan dengan mudahnya dan merugikan banyak pihak. Bukan hanya customer yang mengalami penipuan, namun dari sisi pelaku bisnis pun sering merasakan penipuan yang menimbulkan kerugian.

Untuk menghindari penipuan dari customer yang ‘bandel’, berikut beberapa tips untuk para pelaku bisnis agar tidak kena tipu.

1. Recheck Validation of Information

Pastikan seluruh informasi yang diberikan oleh calon pembeli Anda benar adanya. Anda bisa melakukan pengecekan keasilan data melalui data pribadi,seperti nomor identitas beserta foto terbaru. Selain itu, verifikasi via nomor HP yang dikirimkan melalui OTP ataupun email juga dapat digunakan sebagai bentuk Two Factor Authentication.

2. Tentukan Syarat dan Ketentuan (Terms & Conditions) yang detil dan sejelas mungkin

Buatlah Syarat dan Ketentuan dari segala aspek dari syarat Refund, Retur, dan teknis-teknis lainnya yang kemungkinan terjadi selama proses jual-beli. Hal ini perludilakukan agar terjadi kesepakatan tanpa adanya miscommunication antara kedua belah pihak. Syarat dan ketentuan bisa Anda cantumkan di halaman khusus, saat baru saja mendafar, atau sebelum customer hendak melakukan transaksi dan jangan lupa tambahkan kolom persetujuan (seperti kolom yang dapat dicentang) sebagai bentuk persetujuan customer.

3. Mengecek mutasi rekening

Jangan lupa untuk periksa ulang mutasi sebelum melanjutkan kegiatan pengiriman barang ke customer/pelanggan. Periksa data keuangan seperti ini pasti akan memakan waktu Anda, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa Payment gateway. Carilah Payment gateway yang dapat dipercaya dan jangan asal dalam memberikan tanggang jawab hal ini ke sembarang pihak. Melalui layanan payment gateway, seluruh pendataan keuangan (money flow) Anda akan didata secara cepat dan terperinci melalui dasbor serta laporan transaksi harianhingga bulanan yang dapat membantu Anda mengetahuikeadaan keuangan usaha Anda.

Selain tiga tips di atas, Anda juga perlu untuk mencari tahu kualitas dan layanan yang ditawarkan oleh Payment Gateway, seperti mengenai jaminan keamananserta fitur-fitur yang dimiliki. Pastikan Payment Gateway yang akan Anda gunakan telah mendapatkan izin payment gateway resmi dari Bank Indonesia dan sertifikasi keamanan sepertiPCI-DSS Level I.

Kemudian pastikan payment gateway tersebut memiliki fitur yang berguna untuk Anda dan pembeli dalam hal kemudahan pembayaran serta dapat mendeteksikecurangan-kecurangan transaksi online.

FASPAY, sebagai Payment Gateway yang pertama mendapat izin dari Bank Indonesia, selalu mengutamakan kenyamanan dan kemanan untuk para merchant. Hingga saat ini telah lebih dari 1300 Merchant Online yang menggunakan layanan Faspay untuk membantu mereka dalam hal pencegahan transaksi online yang mencurigakan yang dapat merugikan perusahaan. Sertifikasi keamanan yang diperbaharui setiap tahun tentunya juga menjadi kekuatan Faspay dalam melakukan Fraud Detection System bagi bisnis Anda.

| Editor : BDL |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here